Tips Aman Saat Melakukan Solo Traveling

Hallo, selamat datang di Cotrako.blogspot.co.id
Cotrako adalah singkatan dari “coretan traveler penyuka kopi” :D

Di sini, saya ingin berbagi informasi tempat wisata menarik serta tips dan trik bermanfaat lainnya tentang menjadi seorang traveler, terlebih jika Anda suka menjadi seorang solo treveler.

Menjadi seorang traveler adalah hal paling mengasyikkan dalam hidup saya. Saya bisa belajar untuk mandiri dalam menghadapi setiap tantangan yang mungkin ada. Belajar beradaptasi dengan lingkungan serta masyarakat setempat dimana saya berkunjung. Menikmati indahnya alam ciptaan Tuhan yang sangat luar biasa. Mempelajari berbagai macam hal-hal baru dan mendapatkan teman-teman baru yang penuh dengan inspirasi.

Selain menyukai dunia traveling, saya juga penyuka kopi. Dan dalam setiap perjalanan saya, saya akan selalu mencoba berbagai macam dan jenis kopi yang ada di tempat tersebut.

Secangkir kopi di pagi hari, akan membuat semangat sepanjang hari..
Di blog ini saya akan membahas kedua hal yang sangat saya sukai tersebut

Dan semua terangkum dalam satu cerita “cotrako”…

Untuk memulai coretan di awal blog saya ini, saya ingin memberikan tips dan trik aman menjadi solo traveler. Oke, sebaiknya Anda simak baik-baik sharing saya kali ini, siapa tahu nanti Anda mebutuhkan tips bermanfaat ini.

tips melakukan solo traveling dengan aman
source: www.mercurynews.com

“Traveling solo means getting to know the real you!”

Anda suka traveling sendirian ke daerah yang baru dan belum pernah Anda kunjungi sebelumnya? Saat melakukan perjalanan sendiri ke tempat asing, tentunya akan sangat beresiko apabila kita tidak tahu tips dan triknya. 

Jangan sampai Anda pergi, dan tak pernah kembali lagi,,,

Oleh sebab itu Cotrako akan memberikan tips aman solo traveling untuk Anda semua yang suka traveling sendirian. Simak ulasan di bawah ini ...

Tips Aman Saat Melakukan Solo Traveling ke Tempat Asing

Sebelum Anda berkangkat, perhatikan hal berikut ini


Foto semua data diri Anda seperti KTP, SIM, Paspor, KK lalu simpan di tempat penyimpanan cloud atau kirimkan ke email pribadi dan salah satu saudara. Hal tersebut akan sangat membantu saat Anda kehilangan paspor, HP atau data diri Anda dalam perjalanan.

Selalu beritahu kemana Anda akan pergi, serta semua jadwal kunjungan Anda kepada orang terdekat. Tetap lakukan komunikasi kepada orang-orang terdekat agar mereka tidak merasa khawatir, selain itu keadaan Anda juga akan terpantau.

Sebelum melakukan perjalanan, ada baiknya Anda riset lokasi serta kebiasaan masyarakat setempat. Jangan mengenakan pakaian atau barang-barang mewah yang terlalu mencolok untuk menghindari kejahatan yang mungkin terjadi.

Selalu baca berita tentang lokasi yang akan Anda kunjungi, jangan sampai Anda pergi ke daerah konflik atau rawan keamanan serta rawan bencana.

Saat Anda sampai tujuan


Sebaiknya Anda mempelajari lokasi dimana Anda menginap (hotel, losmen, homestay) dan berusahalah untuk bisa mengenal resepsionis atau pemilik penginapan. Anda bisa mendapatkan info penting tentang tempat pelayanan publik, kuliner favorit serta tempat-tempat yang sebaiknya dihindari saat traveling.

Bawa kartu nama atau business card tempat dimana Anda menginap, hal tersebut bisa Anda gunakan saat Anda lupa jalan kembali ke penginapan atau kesasar.

Selalu tanyakan kepada petugas jaga atau polisi di stasiun, bandara, pelabuhan tentang transportasi yang aman dan tarif rata-rata di kota tersebut.

Yang perlu Anda perhatikan saat di perjalanan


Berjalanlah seperti biasa dan percaya diri, jangan perlihatkan raut muka atau gestur tubuh yang memberitahukan kalau Anda orang baru di tempat tersebut.

Cek peta, jadwal serta jalur bus sebelum meninggalkan terminal atau halte tempat Anda turun. Apabila lupa, masuklah ke sebuah warung, toko atau café terdekat, jangan sampai Anda terlihat jelas sebagai seorang solo treveler.

Selalu waspada sebelum menaiki kendaraan umum, pastikan dompet, uang, serta barang berharga berada di tempat yang aman. Jangan menaruh dompet di saku belakang celana Anda serta pastikan juga semua resleting tas dalam keadaan tertutup rapat.

Berbicaralah pada sopir atau kondektur bus dan beritahukan tujuan Anda. Jika Anda beruntung, mungkin sopir atau kondektur bus akan memanggil Anda saat sampai tujuan.

Sebisa mungkin hindari mendengarkan musik menggunakan earphone, karena akan membuat Anda kurang peka dengan keadaan sekitar dan fokus Anda akan berkurang saat berjalan.

Jangan pernah memberitahukan kepada orang yang baru Anda temui di jalan bahwa Anda sendirian di tempat tersebut. Saat ingin menanyakan arah, lebih baik mencari petugas polisi agar lebih aman.

Percayalah pada insting Anda sendiri. Apabila ada seseorang yang membuat Anda tidak nyaman dan merasa terancam, sebaiknya hindari dan tinggalkan. Lebih baik antisipasi daripada menyesal.

Salah satu alasan terbaik melakukan solo traveling adalah mendapatkan pengalaman serta teman-teman baru. Jangan ragu dan takut untuk berkenalan dan bercanda dengan orang lain yang Anda temui di perjalanan. Hanya saja harus tetap hati-hati serta waspada dengan orang yang baru Anda kenal.

Oke, demikian sharing Cotrako tentang tips aman solo traveling yang bisa Anda terapkan jika ingin melakukan perjalanan jauh sendirian.

Keep safe and fun!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Instagram