5 Kota Seru Buat Merayakan Tahun Baru Imlek

Cotrako - Tahun Baru Imlek seharga tinggal menghitung perian. Perayaan sekali setahun warga Tionghoa itu tentu menjadi ketika yang sudah dinantikan sejak lama. Kecuali bisa menyambut tahun baru dengan bertafakur dan berkumpul secara keluarga, momen Imlek kali ini saja bisa kamu manfaatkan untuk traveling. Pasalnya, libur Imlek jadi momen long weekend pertama di tahun 2018. 

Jika belum memiliki jadwal, tak ada salahnya untuk mengunjungi pertunjukan Imlek di bermacam-macam kota Indonesia. Kecuali bisa turut meramaikan, kamu juga mampu mempelajari kebudayaan pertama lho! Yuk, gagar tahu rekomendasi 5 kota di Nusantara yang rayakan Tahun Baru Imlek! 

Semarang Salah homo kota Indonesia nun kerap ramai tatkala momen Imlek ialah Semarang. Kota Lumpia ini memiliki daerah pecinan yang sebagai pusat lokasi pertunjukan sekali setahun kelompok Tionghoa. Setidaknya, terdapat 10 kelenteng nun bisa kamu dapatkan di Semarang. Khilaf satunya adalah Lumbung Tay Kak Sie, kelenteng tertua sekalian terbesar yang terletak di Gang Lombok, Purwodinatan.

tahun baru imlek

Selain itu, ada lagi Pasar Semawis dalam mana kamu dapat belanja berbagai warna-warni Imlek. Bagi yang bukan ingin berbelanja, engkau bisa menyaksikan bervariasi pertunjukan permainan toya (tongkat panjang buat senjata) dan wushu khas biksu shaolin di kawasan kampung cina. Cukup meriah, tak? Tak heran, bila Semarang menjadi satu diantara destinasi lokal terkemuka saat liburan Imlek! 

DKI Daerah khusus ibukota jakarta Siapa bilang bila Jakarta tidak mempunyai perayaan khusus tatkala Imlek? Kamu mampu menemukan kemeriahan kebiasaan Tionghoa di daerah Petak Sembilan, Glodok, Jakarta Barat. Eksistensi empat wihara pada kawasan ini menjadikannya pusat teramai pada momen tahunan kelompok Tionghoa. Salah satunya, kamu bisa menjumpai Vihara Dharma Bhakti di Jalan Kelebihan III, Petak Sembilan. 

Tak cuma dipadati masyarakat Tionghoa, beragam suku serta agama lain pula biar turut berkunjung guna menyaksikan tradisi Imlek disini. Bangunan tertentu China, serta bervariasi ornamen Imlek pula biar menjadi objek foto menarik bagi pengunjung. Tertarik untuk mengamati sudut lain Metropolitan Jakarta? 

Surabaya Setiap tahun, pertunjukan Imlek di Metropolitan Pahlawan terpusat pada Kelenteng Hong Tiek Hian. Kelenteng tertua di Surabaya tersebut merupakan tempat kebiasaan bagi penganut Konghucu, Tao, dan Buddha Tri Dharma. Pada sini, kamu pula bisa menyaksikan presentasi wayang potehi nun tak kalah memikat. Selama di lumbung, kamu akan merasakan seperti di Tiongkok dengan segala desain bangunan dan hiasan khasnya. 

Selain wisata religi, awak juga bisa mengetes kuliner khas Tionghoa di Kya-Kya Surabaya. Kawasan yang berpunya di Jalan Sekar Jepun, Bongkaran, tersebut merupakan kawasan kampung cina sekaligus salah wahid pusat kuliner dalam Surabaya. Di sini, kamu bisa lega mencicipi ragam kuliner khas Tionghoa, Surabaya, hingga makanan tertentu daerah lainnya. 

Palembang Kota beda yang bisa awak kunjungi pada ketika Imlek adalah Palembang, Sumatera Selatan. Wilayah pecinan di Sendi Dempo, menjadi inti perayaan Tahun Pertama Imlek dengan bermacam-macam festival menarik. Mulai dari dari pertunjukan lampion hingga penampilan barongsai adalah beberapa taktik seru yang dapat kamu saksikan pada Palembang. 

Ada pula Kelenteng Putri Kwan In dalam Kelurahan 10 Ulu, sebagai rumah kebiasaan tertua umat Tionghoa di Sumatera Daksina. Di sini, awak juga bisa pirsa ratusan lampion dengan menghiasi halaman lumbung. Uniknya, kawasan tersebut juga terkenal beserta kuliner pempek. Oleh karena itu, kamu bisa menjalankan perayaan Imlek sekali lalu mencicipi masakan utama Palembang. 

Bogor Bogor juga jadi satu diantara destinasi opsi saat Imlek. Pada sepanjang daerah Suryakencana, kamu bisa medapati kawasan komunitas Tionghoa. Sedari wisata akal budi, religi, hingga kuliner bisa kamu dapatkan di kawasan kampung cina Bogor. Biasanya, induk perayaan Cap Go Meh Street Fest akan berlangsung dalam Vihara Dhanagun dengan berada di tempat gerbang utama. 

Uniknya, karnaval nun berlangsung dianggap serupa festival lintas pikiran. Disini, kamu mampu menyaksikan berbagai presentasi seperti barongsai, liong, hingga tari konvensional masyarakat setempat. Sebab itu, tak luar biasa jika perayaan Imlek di kawasan kampung cina Bogor selalu dipenuhi ratusan ribu pengunjung setiap tahunnya. 

***

Nah, itulah beberapa kota pada Indonesia yang dapat menjadi destinasi perlop long weekend engkau saat Imlek. Sedang menarik untuk dikunjungi, bukan? Ayo lekas rencanakan perjalanan engkau bersama orang terdekat. Dengan begitu, ketika perayaan Tahun Pertama Imlek akan bertambah seru dan hidup!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Instagram